A. Pengumpulan Data
Data
adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, penelitian
yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang. Misalnya dengan memperhatikan
teman-temanmu, ada yang tinggi, pendek, kurus dan ada yang gemuk. Cobalah
mengenal mereka dengan ciri-ciri yang mereka miliki. Ciri-ciri mereka dapat
kita tulis dan kita kumpulkan. Dengan menulis dan mengumpulkan ciri-ciri mereka
berarti kita telah mengumpulkan data. Jadi data yang bisa dikumpulkan dapat
berupa tinggi badan, berat badan, ukuran sepatu, jumlah murid laki-laki dan
perempuan, lingkar pinggang, lingkar kepala, dan lain-lain.
Contoh:
Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas VI SD Cemerlang.
Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas VI SD Cemerlang.
Hasil
yang diperoleh dicatat dalam tabel seperti berikut.
No
|
Jenis Olahraga
|
Banyak Siswa
|
1
|
Tenis meja
|
2
|
2
|
Bulu tangkis
|
3
|
3
|
Renang
|
7
|
4
|
Kasti
|
8
|
5
|
Sepak bola
|
6
|
6
|
Voli
|
4
|
Tahukah kamu apa yang mereka lakukan? Kegiatan yang
mereka lakukan merupakan suatu cara untuk mengumpulkan data.
B.
Penyajian Data
Kita telah mempelajari tentang pengumpulan data. Data
yang telah dikumpulkan dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Data
yang telah disajikan dalam bentuk diagram dapat mempermudah dalam membaca dan
menafsirkan data tersebut. Ada empat macam diagram yaitu diagram gambar,
diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis.
a. Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Misalnya nilai ulangan matematika kelas VI adalah sebagai
berikut :
6, 6, 5, 7, 8, 8, 4, 9, 8, 8, 9, 9, 6, 4, 7, 7, 8, 9, 10, 8,
8, 9, 9, 4, 5, 5, 8, 9, 7, 7, 6, 9, 8, 7, 7, 8, 9, 8, 10, 10.
8, 9, 9, 4, 5, 5, 8, 9, 7, 7, 6, 9, 8, 7, 7, 8, 9, 8, 10, 10.
Nilai
|
Banyak Siswa
|
4
|
3
|
5
|
4
|
6
|
4
|
7
|
7
|
8
|
11
|
9
|
8
|
10
|
3
|
Jumlah
|
40
|
b. Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Garis
Dari nilai ulangan matematika kelas VI diatas dapat
disajikan ke dalam diagram garis.
c. Menyajikan data dalam Bentuk Diagram Batang
Dari nilai matematika kelas VI diatas dapat disajikan ke
dalam diagram batang sebagai berikut
d. Menyajikan Data dalam bentuk Diagram Gambar
Dari data nilai matematika kelas VI diatas dapat disajikan
ke dalam Diagram Gambar
Penyajian pada diagram gambar hampir sama dengan diagram
tabel hanya saja pada diagram gambar frekuensi ( banyak data) diganti dengan
simbol atau gambar.
e. Menyajikan Data dalam bentuk Diagram Lingkaran
Berikut ini contoh data hasil panen suatu desa:
Tanaman
|
Hasil Panen
(ton)
|
Padi
|
400
|
Jagung
|
200
|
Ketela
|
300
|
Kelapa
|
100
|
Jumlah
|
1.000
|
1. Penyajian diagram lingkaran dalam bentuk derajat
a. Padi
= 144
b. Jagung
= 72
c. Ketela
= 108
d. Kelapa
= 36
Sehingga
data tersebut apabila disajikan dalam diagram lingkaran menjadi seperti di bawah ini :
2. Penyajian diagram lingkaran dalam bentuk persen
a. Padi
= 40%
b. Jagung
= 20%
c. Ketela
= 30%
d. Kelapa
= 10%
Sehingga data tersebut apabila disajikan dalam diagram lingkaran menjadi seperti di bawah ini
C. Pengolahan data
Setelah menyajikan data dalam
bentuk diagram kemudian kita menghitung nilai data tertinggi dan data terendah,
modus, median dan rata-rata.
Contoh data nilai ulangan matematika kelas VI adalah sebagai berikut :
Contoh data nilai ulangan matematika kelas VI adalah sebagai berikut :
Nilai
|
Banyak Siswa
|
4
|
3
|
5
|
4
|
6
|
4
|
7
|
7
|
8
|
11
|
9
|
8
|
10
|
3
|
Dari data di atas kita mencari rata- rata, modus, dan median
Nilai
|
Banyak Siswa
|
Jumlah Data ( Nilai x Banyak siswa )
|
4
|
3
|
12
|
5
|
4
|
20
|
6
|
4
|
24
|
7
|
7
|
49
|
8
|
11
|
88
|
9
|
8
|
72
|
10
|
3
|
30
|
Jumlah
|
40
|
295
|
1. Rata- rata Rumus menghitung rata-rata
Jumlah semua data
Banyak Data
Rata-rata =
= 7,37
Jadi,
nilai rata-rata adalah 7,37
2. Modus
Modus adalah nilai dari suatu data yang sering muncul
atau nilai dengan frekuensi tertinggi atau terbanyak
Contoh dari data di atas nilai yang sering muncul atau
modus adalah 8
3. Median
Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan dari
setiap penyajian data. Jika jumlah datanya ganjil, maka :
Median = suku yang tepat berada ditengah
Jika jumlah datanya genap, maka :
Median =
Contoh 1
Data berat badan siswa kelas VI SD Harapan Bangsa sebagai
berikut :
32 34 34 33 34 33 32 35 34 3233 34 34 32 33 34 32 33 33
34
Tentukan Median dari data diatas :
Jawab
Data terlebih dahulu diurutkan :
32 32 32 32 32 33 33 33 33 33
33 34 34 34 34 34 34 34 34 35
Medianya adalah
=
=
= 33
Contoh 2
Data ulangan bahasa indonesia Nanda selama semester 2
adalah sebagai berikut :
8 7 7 6 9 8 9
Berapa median dari data ulangan tersebut ?
Jawab :
Data terlebih dahulu di urutkan
6 7 7 8 8 9 9
d D. Menafsirkan Data
1. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang
Perhatikan diagram batang
yang menunjukkan hasil ulangan Matematika dari 30 orang siswa.
Dari diagram tersebut,
dapat dilihat bahwa:
a. Siswa yang mendapat
nilai 5 ada 3 orang.
b. Siswa yang mendapat
nilai 6 ada 7 orang.
c. Siswa yang mendapat
nilai 7 ada 9 orang.
d. Siswa yang mendapat
nilai 8 ada 7 orang.
e. Siswa yang mendapat
nilai 9 ada 4 orang.
Dari tabel tersebut
terlihat juga bahwa jumlah siswa yang mendapat nilai 6 dan 8 adalah sama, yaitu
7 siswa.
2.
Menafsirkan data
dalam bentuk diagram lingkaran
Perhatikan diagram lingkaran
yang menunjukkan hasil
panen desa suka maju mundur yang semua berjumlah 1000 ton
a.
Hasil panen padi
desa suka maju mundur adalah
40% X 1000 =
= 400 ton
b.
Hasil panen jagung
di desa suka maju mundur adalah
20% X 1000 =
= 200 ton
c.
Hasil panen ketela
di desa suka maju mundur adalah
30% X 1000 =
= 300 ton
d.
Hasil panen kelapa
di desa suka maju mundur adalah
10% X 1000 =
= 100 ton
Tidak ada komentar:
Posting Komentar